top of page
  • Writer's pictureRP

Makan Topokki tapi Di Buffet?

Wah, gimana nih? Kamu udah tahu belum kalau sekarang topokki sering disajikan dalam bentuk buffet atau prasmanan? Faktanya, jajanan khas Korea Selatan ini bisa dinikmati dalam bentuk buffet di beberapa rumah makan, baik di negara asalnya maupun di Indonesia. In a few minutes, kamu bakal menjelajahi restoran ternama yang menyediakan buffet topokki. Tapi sebelumnya, simak dulu yuk pembahasan tentang asal usul topokki ini!


Topokki atau tteokbokki adalah makanan yang berasal dari negeri ginseng, yaitu Korea Selatan. Makanan ini terbuat dari tteok atau kue beras yang berwarna putih. Dalam penyajiannya, topokki biasanya dipadukan dengan saus pedas berbentuk pasta cabai bernama Gochujang. Secara populer, topokki dikenal sebagai jajanan atau street food yang tersedia di tenda-tenda sederhana di pinggir jalan. Namun, dalam perkembangannya, makanan tersebut sekarang disajikan juga di restoran, terlebih lagi dalam bentuk buffet seperti yang dihidangkan oleh rumah makan bernama Dookki.



Dookki adalah sebuah restoran asal Korea Selatan yang menyajikan topokki dengan gaya yang lebih high class, yaitu dalam bentuk buffet. Rumah makan ini didirikan oleh Kim Gwan-hun dan Park Do-keun yang memiliki cita-cita untuk menjadi master topokki. Mereka ini hebat banget, lho! Selama 10 tahun, mereka konsisten melakukan riset dan mencicipi topokki di seluruh penjuru Korea Selatan. Bahkan, mereka juga terbang ke luar negeri untuk menjelajahi cita rasa dari hidangan khas kampung halamannya itu.


Seperti yang tertera di kanal Youtube G-NI, restoran Dookki ini kelihatannya punya target kostumernya sendiri. Untuk menikmati buffet topokki ini, orang dewasa akan di-charge seharga 8,900 WON (Rp113.000), pelajar seharga 7,900 WON (Rp100.000), dan anak-anak di bawah usia 6 tahun seharga 4,900 WON (Rp62.000).


Harganya terbilang cukup terjangkau ya, guys, karena di sini kamu bisa makan topokki sepuasnya! Kamu juga bisa memadukan topokki tersebut dengan berbagai toppings, yaitu mie, sayuran, telur, sosis, eomuk (semacam otak-otak), gimmari (semacam gorengan), dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu bisa juga meracik sausnya sendiri sesuai selera dan tingkat kepedasan yang kamu mau. Di sana, mereka menyediakan beberapa resep saus yang bisa kamu cobain, contohnya kayak gini:


Buat kamu yang penasaran dan pengen banget nyobain makan topokki dalam bentuk buffet, please worry not! Kamu nggak perlu jauh-jauh ke Korea Selatan kok, soalnya restoran Dookki ini udah tersebar di berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia, yaitu di Central Park, Lippo Mall Kemang, Kota Kasablanka, dan Summarecon Mall Bekasi. Cus langsung meluncur ke TKP buat cicipin buffet topokki no. 1 di seantero Korea Selatan!




bottom of page